Home Taobao Taobao: Metode Membuka, Registrasi dan Aktivasi Akun Taobao

Taobao: Metode Membuka, Registrasi dan Aktivasi Akun Taobao

Banyak user mengira bahwa hanya user China sendiri yang bisa membuka dan membeli barang di Taobao. Kenyataannya, Taobao mulai membuka platformnya untuk market diluar Tiongkok sendiri seperti di ASEAN seperti Indonesia, Singapore, Malaysia, Thailand, dstnya.

Platform online B2C Taobao sangatlah userfriendly, dengan fitur yang cukup canggih. Produk yang ditawarkan sangat banyak, sehingga Taobao menjadi salah satu online shopping marketplace yang diincar oleh konsumen Indonesia yang suka belanja di Tiongkok. Sebenarnya platform ini dikhususkan untuk end user, tidaklah terlalu cocok untuk pemain grosir yang lebih sensitive terhadap harga.

Titik awal untuk menjadi pembelanja Taobao adalah mendaftar akun di Taobao.com. (Jika Anda memutuskan untuk menggunakan agen Taobao secara eksklusif daripada berbelanja langsung, pendaftaran Taobao.com tidak diperlukan.)

Banyak situs web terkenal yang mengajari untuk membuka Taobao dengan menggunakan email. Meski secara teknikal ini saha-sah saja.

Taobao berbeda

Platform online Taobao ini sangat berorientasi aplikasi dan bergantung pada nomor hp untuk membuka pendaftaran akun, setting, verifikasi, reset kata sandi, dll. Jadi, untuk mendaftarkan akun Taobao Anda seharusnya menggunakan nomor hp jangka panjang yang tersedia.

Negara apa saja yang didukung oleh Taobao?

Taobao mendukung nomor ponsel lebih dari 136 negara dan wilayah, yang mencakup sebagian besar negara dan wilayah. Menurut feedback balik dari banyak user, nomor hp dari negara-negara seperti Kamboja, Laos, dan Botswana tidak didukung. Jika nomor ponsel Anda tidak didukung untuk pendaftaran Taobao, Anda dapat membeli nomor telepon dari wilayah lain secara online, seperti Amerika Serikat atau Hong Kong. Tentu saja Taobao memungkinkan user Indonesia untuk membuka akun di Taobao.


Metode Membuka Akun Taobao versi Mobile (Aplikasi Android/ iOS)

>>Step 1 Install Taobao

Unduh Taobao di Google Play atau iPhone dan install aplikasi tersebut ke Hp Anda.

>>Step 2 Tap Sign Up

Klik tombol “Agree” untuk menyetujui syarat dan ketentuan. Ketuk tombol “Register” dari dashbaord (lihat screenshot layar di bawah).

>>Step 3 Input Nomor Hp

Tap tombol “Register Now” untuk melanjutkan ke pendaftaran akun. Masukkan nomor ponsel Anda yang valid. Jika nomor hp Anda, “0813223888”, maka input format nomor hp, “813223888”, jangan input nolnya yang didepan.

Tips: Karena kebijakan, sekarang Taobao tidak lagi mengizinkan pengguna menggunakan email untuk mendaftar akun.

>>Step 4 Masukkan OTP

Masukkan OTP (one-time password) yang dikirimkan melalui SMS untuk memverifikasi nomor ponsel Anda. Setelah menyelesaikan langkah ini, akun Taobao Anda akan berhasil dibuka.


Cara Singkat Membuka Akun Taobao versi Web (via situs web taobao.com)

>> Langkah 1 – Kunjungi web situs https://world.taobao.com/

Pergi ke https://world.taobao.com/. Jangan terkecoh dengan karakter Cina! Di halaman kiri atas, temukan karakter REGISTER(免费注册).

>> Langkah 2 – Klik “Agree”

Layar berikutnya menampilkan pop-up karakter Mandarin. Klik pada button oranye Agree (同意协议) di tengah dan pop-up akan hilang.

Dengan mengklik button oranye, Anda, untuk saat ini, menyetujui “Persetujuan Perjanjian Pendaftaran”. Disini menguraikan T&C: Perjanjian Layanan, Kebijakan Privasi, Pemberitahuan Aturan Taobao.com.termasuk Syarat & Ketentuan menjadi anggota Taobao dan Perjanjian Pembayaran Alipay, platform transaksi default Taobao.

Kemudian klik tombol radio ENGLISH – sisi halaman kanan atas untuk beralih ke halaman web berbahasa Inggris. Secara default versi Taobao adalah bahasa Mandarin, Anda baca dalam bahasa Inggris nanti dalam proses pendaftaran, termasuk kebijakan pemilik Taobao.com, Alibaba.

>> Langkah 3 – Verfikasi

  1. Pada layar “Verification” , pilih negara Indonesia (+62) tempat hp Anda terdaftar dari drop-down. Masukkan nomor ponsel Anda (tanpa spasi, tanpa tanda hubung, tanpa tanda kurung)
  2. Geser kursor “Verify” dari kiri ke kanan dengan menahan klik kiri mouse.
  3. Centang kotak “CREATE YOUR ALIPAY ACCOUNT BY YOUR TAOBAO ACCOUNT”. (Anda bisa membuka Alipay secara bersamaan)
  4. Klik “NEXT” untuk melanjutin

>> Langkah 4 – Verifikasi No Hp

Selanjutnya, Anda akan menerima kode OTP verifikasi SMS di hp Anda. SMSnya akan dalam bahasa Cina tetapi Anda hanya perlu menemukan kode 6 digit. Masukkan 6 digit kode dan klik “Confirm“.

Catatan: Jika Anda tidak dapat menerima kode verifikasi SMS dari Taobao, mohon tunggu. Jangan minta resend sms. Jika terlalu sering, ada kemungkinan Taobao memblokir no hp Anda.

>> Langkah 5 – Setting Login dan Password

Sekarang Anda dapat membuat kata sandi login dan nama user untuk akun Taobao Anda. Klik ‘Submit”, setelah itu. Mohon dicatat ditempat yang aman atau diingat baik-baikusername dan password login taobao. Jika lupa, ada kemungkinan Anda akan susah login atau reset berhubung Taobao sangat sensitive akan hal-hal seperti ini.

>> Langkah 6 – Selesai

Setelah Anda menyelesaikan langkah terakhir dibagian step 5 yaitu klik “Submit” Seharusnya akan muncul halaman terlihat seperti ini:

Sekarang telah Anda berhasil membuka dan aktivasi akun Taobao, Anda dapat masuk dari beranda Taobao.com dan memulai perjalanan belanja taobao Anda.


Pertanyaan & Jawaban Seputar Akun Taobao

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan tentang akun Taobao:

>> Bagaimana jika Hp saya tidak menerima kode verifikasi OTP/ SMS?

Kode verifikasi bisa saja tertunda dan mungkin membutuhkan waktu 2-3 menit untuk diterima. Silakan coba lagi nanti. Jika Anda belum menerimanya setelah 2-3 menit, harap periksa apakah Hp Anda siap dan sudah diaktifkan untuk menerima pesan internasional, atau SMS diblokir dari Taobao, ataupun kotak masuk SMS penuh. Anda dapat mencoba memindahkan kartu SIM Anda ke telepon lain dan mencoba lagi, atau hubungi operator telepon Anda untuk bantuan lebih lanjut.

>> Jika saya lupa kata sandi/ password untuk login ke Taobao, Apa yang harus saya lakukan?

Anda dapat mengklik di sini untuk reset ulang kata sandi/ password untuk login ke Taobao.

>> Bagaimana mengubah nomor telepon yang ke link di Taobao?

Berikut adalah link untuk mengubah nomor telepon.

Final Words

Aturan main di Taobao semakin hari semakin ketat, sama halnya Anda yang sering belanja di marketplace lokal seperti Tokopedia ataupun Shopee. Akun Taobao yang baru terdaftar sangat mudah untuk dibekukan atau dibatasi oleh sistem Taobao.

Untuk menghindari akun Taobao dibatasi atau dibekukan, ada beberapa saran yang penting untuk menghindari pembekuan akun:

  • Jika memungkinkan, cobalah untuk mendaftar dan masuk ke akun Anda melalui aplikasi Taobao lite.
  • Cobalah untuk masuk ke akun Anda di satu tempat. Contoh: jika akun Anda terdaftar di komputer rumah Anda, maka sebaiknya Anda tidak login ke akun Taobao Anda di kantor.
  • Jangan masuk ke akun Anda di tempat umum, seperti kedai kopi, perpustakaan sekolah, dll.
  • Jangan gunakan akun baru Anda untuk membeli barang palsu atau replika.
  • Jangan tidak pernah login ke akun Taobao Anda untuk waktu yang lama.
  • Login sesekali waktu ke Taobao dan jelajahi produk di Taobao

Setelah akun Anda dibekukan atau dibatasi, sangat sulit untuk recover kembali. Anda hanya dapat mencoba menelepon langsung ke bagian support Taobao atau menghubungi mereka di media sosial.

Sayangnya, hanya segilintir orang yang dapat memulihkan akun mereka setelah akun Taobaonya di blokir. Jadi Anda perlu hati-hati dalam penggunaan Taobao, jika Anda ingin menggunakan akun Taobao dalam waktu panjang.

Follow klikTransfer di Social media:

Kami selalu melakukan update artikel impor dan belanja di marketplace China: Taobao, 1688, tips dan sejenisnya

Related Post